Sosialisasi Pemberdayaan UMKM dan Pengembangan Potensi Desa melalui Olahan Produk Dari Buah Jambu Air Klampok Khas Daerah Camplong

by - Januari 18, 2023

    Pengabdian Masyarakat (Abdimas) Kelompok 38 Universitas Trunojoyo Madura (UTM), sosialisasikan pemberdayaan UMKM dan Pengembangan Potensi Desa melalui pengolahan produk dari buah jambu air Klampok, di Desa Dharma Camplong, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang. 

        Acara sosialisasi ini merupakan salah satu program kerja dari Pengabdian Masyarakat kelompok 38 Universitas Trunojoyo Madura dengan melibatkan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag), beberapa perangkat desa, sekaligus warga di Desa Dharma Camplong.

        Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sampang, Amin Arif Tirtana juga turut hadir dalam acara tersebut. Menurutnya, upaya yang dilakukan oleh mahasiswa sangat luar biasa dalam membantu UMKM yang tidak bisa dilakukan sendiri oleh masyarakat tanpa tangan ketiga yaitu mahasiswa.

        “Kegiatan sederhana tapi manfaatnya sangat luar biasa, jajaran pemerintah daerah sangat bangga dan support untuk UMKM di Dharma Camplong, sehingga UMKM semakin bertambah dan mengalami peningkatan yang pada akhirnya membantu ekonomi masyarakat” kata Amin Arif Tirtana, Senin (16/1/2023).

        Dalam sosialisasi yang diadakan oleh mahasiswa Pengabdian Masyarakat kelompok 38 serta di gandeng oleh Karang Taruna Desa Dharma Camplong tersebut menghadirkan beberapa produk unggulan dari Desa setempat, seperti Kreker, Ikan Kering, Keripik Tempe, dan Kerupuk Ikan yang kemudian produk ini akan di bantu sampai tahap perizinan usaha.

        Adapun dipaparkan juga terkait Pengolahan buah Jambu Air Klampok yang dapat diolah menjadi selai dan dodol, sehingga dapat menjadi penghasilan tambahan bagi warga Desa Dharma Camplong, dengan cara di haluskan dan ditambahkan beberapa bahan pendukung kemudian dimasak hingga menjadi selai dan dodol.

        Melihat antusias para mahasiswa Pengabdian Masyarakat kelompok 38 dalam upaya memajukan UMKM di Desa Dharma Camplong, Muhammad Irawan Ferdiawan, penyuluh perindustrian dan perdagangan Diskoperindag, turut mengapresiasi gerakan yang telah dilakukan oleh kelompok Pengabdian Masyarakat.

        “Eksplorasi keberadaan UMKM yang dilakukan oleh kelompok Abdimas ini sangat membantu dalam mengarahkan agar membangkitkan usaha di masa pandemi dan di fasilitasi oleh dinas.” demikiaan, Muhammad Irawan Ferdiawan menyampaikan apresiasinya.

https://limadetik.com/abdimas-utm-kelompok-38-sosialisasikan-pemberdayaan-umkm-dan-pengembangan-potensi-desa-melalui-olahan-produk-dari-buah-jambu-air-klampok-khas-daerah-camplong/


You May Also Like

0 komentar